Daisypath Anniversary tickers

Thursday, December 30, 2004

Momentum Kepahlawanan

Seorang pahlawan tidak selau melakukan karya - karya besar sepanjang hidupnya. Karya - karya besar itu tercipta ketika kematangan pribadinya bertemu dengan peluang sejarah yang ada. Peluang sejarah itu memang tidak menentu kapan datang nya. Bahkan ketika peluang itu datang tapi dia tidak seiring dengan kematangan kepribadian kita, maka karya - karya besar itu pun tidak akan tercipta. Yang dapat kita lakukan adalah menjalani proses menuju kematangan kepribadian kita. Sehingga ketika peluang sejarah itu datang, dia akan bersinergi dengan kematangan pribadi kita dan menghasilkan karya - karya besar.

Kurang lebih seperti itulah kandungan salah satu artikel dari kumpulan tulisannya Anis Matta dalam "Mencari pahlawan Indonesia". Dan itulah yang membuat saya mengerti kenapa tiba - tiba perasaan ini menjadi risau ketika disodorkan sebuah pertanyaan, "Mau jadi relawan ke Aceh ngga ?"

Karena peluang sejarah telah terbentang di depan mata. Tapi sayangnya kematangan pribadi itu belum mencapai titik optimal sebagai sebuah prasyarat untuk menciptakan karya - karya besar. Dalam arti kata.... saat ini saya belum siap.

Ya Allah, kuatkanlah kesabaran ini untuk meniti tangga - tangga menuju kematangan pribadi yang akan memberikan kontribusi besar dalam menorehkan catatan sejarah.

0 comments: