Daisypath Anniversary tickers

Monday, April 17, 2006

Tidak Boleh Kalah dan Menyerah

Hampir selalu ada air mata yg menetes ketika mendengar cerita-ceritanya. Mendengar kisah - kisah perjuangannya. Semua keterbatasan dalam hidup sepertinya tidak pernah membuat pria itu menyerah dan berhenti melangkah. Terbukti hari ini dia sudah mencapai suatu kondisi yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
Walaupun sudah beberapa kali saya mendengar cerita yang sama, tapi setiap kali cerita itu membawa pencerahan tersendiri. Cerita tentang pengalamannya menjadi kenek di angkutan umum. Cerita tetang semua keterbatasan yang dialaminya yang tidak pernah menyurutkan langkahnya untuk meneruskan kuliah. Cerita tentang semangat, optimisme, kerja keras, ikhlas dan tawakkal. Hampir semua ceritanya diakhiri dengan sebuah kalimat, " Allah itu maha adil pi .. "
Iya memang, kalau saja kita mau merenung sejenak, berpikir dengan pikiran yang jernih, dan merasakan dengan hati yang lapang, maka kita akan bisa memahami bahwa semua skenario hidup yang Allah tuliskan utk semua insan tidak akan pernah mendzholimi. Allah maha adil. Dibalik semua kesulitan yang kita hadapi, Allah sudah siapkan hadiah berupa kemudahan - kemudahan untuk banyak hal. Dibalik semua tetesan air mata yang disertai tawakkal kepada Allah, Allah sudah siapkan hiburan yang akan membuat kita tersenyum lebar. Dibalik penantian kita akan harapan - harapan dan do'a yang belum terkabul, Allah sudah siapkan planning yang sempurna yang akan diwujudkan-Nya pada saat yang tepat.
Allah memang maha adil. Hanya ketidak-sabaran dan ketidak-ikhlasan kita saja yang terkadang membuat kita sulit untuk memahaminya. Hanya satu kalimat yang selalu diucapkan oleh pria itu setiap kali beliau menghadapi kesulitan, "Seorang pahlawan itu boleh salah karena keterbatasan pemahamannya, tapi dia tidak boleh kalah dan menyerah .. "
Semoga Allah merahmati hati yang lapang agar senantiasa mampu merasakan kasih - sayangNya.
sebuah tausiyah di penghujung malam ...

1 comments:

Anonymous said...

Aku hanya memunguti setiap hikmah dibalik perjalanan ini ...dan aku temukan banyak sekali didalamnya nasihat dan teguran ..serta teriakan untuk selalu tegar nelalui hari ...untuk istriku bantu aku melangkah ...bantu aku berjalan menyusuri jalan panjang ini ...
fr someone who love u....