Daisypath Anniversary tickers

Thursday, April 11, 2013

Every achievement has its own story..

Bisa kuliah S2 mungkin biasa-biasa saja untuk sebagian besar orang. Tapi untuk saya, mendapatkan kesempatan untuk kuliah S2 kemudian menyelesaikannya dalam waktu yang relatif singkat, dan dianugerahi predikat cumlaude itu harus melalui perjuangan yang luar biasa.

Perjuangan diawali dengan pernah diterima sebagai mahasiswa Magister SBM tahun 2006, mendapatkan beasiswa tapi hanya 50% dari tuition fee. Biaya kuliah saat itu adalah 45 juta, artinya saya harus mencari biaya tambahan untuk kuliah sekitar 23 jutaan.

Kewajiban sebagai penerima beasiswa adalah bekerja untuk SBM baik sebagai asisten kuliah maupun asisten riset selama kurang lebih 20 jam per minggu. Kalau dalam satu minggu ada 5 hari kerja, per hari saya harus bekerja kurang lebih 4 jam. Ditambah dengan kuliah, per hari kira-kira 4 jam kuliah. Artinya dalam satu hari penuh saya bekerja dan kuliah  di SBM.

Di sisi lain, saya masih terikat kerja di kantor. Selain itu saya juga masih harus memikirkan darimana mencari sisa uang untuk membayar kuliah saya. Dulu sama sekali tidak terbayang darimana bisa mendapatkan uang 23 juta dalam waktu satu tahun.

Akhirnya dengan berat hati , saya mengundurkan diri. Hanya 1 hari menyandang status sebagai mahasiswa magister SBM kemudian saya mengundurkan diri. Sambil beruraian air mata, meninggalkan gedung SBM dan sama sekali tidak terpikir kapan akan ada kesempatan lain untuk bisa kuliah S2.

Itu cerita tujuh tahun yang lalu... :D

Insya Allah disambung dengan cerita perjuangan selanjutnya..

0 comments: