Daisypath Anniversary tickers

Tuesday, June 19, 2007

acknowledgement

Tidak setiap orang bekerja hanya demi uang. Walaupun bukan berarti uang menjadi tidak penting, tapi bagi beberapa orang, ada juga yang tidak kalah penting yaitu acknowledgement atau pengakuan. Pengakuan atas kompetensi yang dimilikinya, pengakuan atas prestasi kerja yang telah dihasilkannya, dan bentuk pengakuan itu tidak hanya sekedar diwujudkan dalam bentuk uang.
Apa rasanya jika kita bekerja selama bertahun - tahun, memberikan effort terbaik yang kita miliki, lalu pada tahun ketiga sang pimpinan bertanya, "sebenernya kerjaan kamu apa?" Jika itu yang terjadi maka pertanyaannya adalah, kemanakah sang pimpinan itu selama bertahun - tahun ini. Jika dia bertanya karena dia tidak melihat adanya hasil kerja kita yang signifikan, bukankah seharusnya dia sudah menegur dari sejak bertahun - tahun yang lalu. Jika dia bertanya karena dia tidak terlalu peduli dan tidak terlalu memperhatikan keberadaan kita, lalu apa guna uang dikeluarkan untuk membayar gaji kita selama bertahun - tahun.
Idealnya, seseorang bertahan dalam sebuah pekerjaan adalah karena dia merasa diakui. Adanya acknowledgemet dari sang pimpinan dalam berbagai bentuk. Lalu bagaimanakah jika ketiadaan pengakuan berbenturan dengan kebutuhan? Jalan mana yang harus dipilih jika bertahan dalam suatu pekerjaan berarti diremehkan dan tidak diakui kompetensi serta prestasi kerjanya, sedangkan mencari sebuah pengakuan berarti keluar dari kemapanan?
The answer is .... I don't know ...You tell me ...
Karena setiap orang menghadapi kondisi yang berbeda, memiliki skala prioritas yang berbeda dalam kehidupannya. Oleh karena itu tidak ada jawaban pasti yang berlaku untuk setiap kasus. Bahkan saya pun tidak tahu jawabannya. Idealnya memang mendapatkan penghidupan yang mapan dan pada saat yang sama menerima pengakuan yang sesuai. Tapi ...

0 comments: