Daisypath Anniversary tickers

Tuesday, June 19, 2007

berapa kali?

Tulisan ini terinspirasi dari salah satu artikel yang saya baca di eramuslim mengenai pengakuan seorang istri yang sudah 8 tahun menikah tapi belum pernah mendengarkan kata - kata sayang dari suaminya. Sang istri mengaku bahwa di awal - awal pernikahannya dia merasa cukup tersiksa, namun lama kemudian dia mulai bisa memahami bahwa memang karakter sang suami yang tidak terbiasa berekspresi secara verbal.

Yang ingin disoroti disini bukanlah bagian bahwa sang istri bisa memahami, tapi bagian 8 tahun tanpa kata - kata sayang nya. Jika sang istri bisa memahami dan menerima maka itu, menurut saya, merupakan sebuah anugrah bagi sang suami yang diperoleh melalui perjuangan panjang sang istri dalam memahami dan menerima. Namun perjuangan panjang sang istri untuk memahami dan menerima juga seharusnya diimbangi dengan usaha keras sang suami untuk berubah demi istrinya dan bukannya bersikukuh pada karakter lamanya sebelum menikah.

Karena bagaimanapun, menurut Ust. Anis Matta dalam bukunya Biarkan Kuncupnya Mekar Menjadi Bunga, ekspresi cinta dan kasih sayang dalam bentuk verbal merupakan sebuah upaya pengukuhan, dan penguatan perasaan secara psikologis. Memang, melalui sikap, perilaku dan pengorbanan seorang suami pun dapat terlihat dengan jelas, perasaan sayang dan cinta nya pada istri dan keluarganya. Tapi mengungkapkannya secara verbal merupakan sebuah penguatan baik bagi yang mengungkapkan maupun bagi yang menerima.

Selain itu, menurut buku panduan kekerasan terhadap anak, salah satu bentuk kekerasan terhadap anak adalah bersikap acuh diantaranya jika orang tua tidak pernah mengucapkan kata - kata pujian atau ekspresi rasa sayang terhadap anak nya. Jika orang tua tidak pernah mengucapkan kata - kata sayang merupakan bentuk kekerasan terhadap anak, apakah seorang suami yang tidak pernah mengucapkan kata - kata sayang terhadap istri juga merupakan sebuah bentuk kekerasan? Wallahu'alam ...

Yang jelas, artikel itu membuat saya tergelitik untuk menghitung. Jika sang istri dalam artikel tersebut belum pernah mendengarkan kata - kata sayang selama 8 tahun pernikahannya, maka selama lebih dari 1.5 tahun pernikahan saya, berapa kali saya mendengarkan kata - kata sayang dari suami tercinta. Alhamdulillah ... bahkan setiap harinya tidak terhitung ... :)

0 comments: