Daisypath Anniversary tickers

Monday, February 18, 2008

I'm a Student

Yah, kita semua adalah murid, dalam madrasah kehidupan ini. Dalam setiap fase kehidupan kita, kita adalah murid. Orang yang belajar dan terus belajar. Tidak ada satu pun kondisi yang kita hadapi dalam kehidupan kita yang pernah kita alami sebelumnya.

Kita belum pernah menjadi seorang anak sebelumnya. Oleh karena itu kita terus belajar bagaimana sebenarnya bersikap kepada orang tua, bagaimana memahami apa yang mereka hadapi. Belajar memahami sikap mereka ketika kita kanak – kanak, remaja, dan dewasa. Juga belajar bagaimana menghadapi kelebihan sekaligus kekurangan mereka sebagai orang tua.

Kita belum pernah menjadi istri/suami sebelumnya. Kalaupun ada yang menikah untuk kedua atau kesekian kalinya, tidak mungkin dia menghadapi kondisi yang 100 persen persis sama. Oleh karena itu kita harus belajar. Belajar memahami pasangan hidup kita. Belajar membaca pikirannya, apa yang dia suka dan apa yang dia tidak suka untuk kita lakukan. Belajar memposisikan diri sebagai setengah bagian yang harus melengkapi pendamping hidup kita. Belajar memahami emosi, perasaan ataupun pikiran yang melintas dalam kepala kita yang belum pernah kita alami sebelumnya. Dan yang menurut saya paling sulit adalah, belajar mencintai. Bukan untuk hari ini, bukan untuk besok, bukan juga untuk bulan ini atau tahun ini. Tapi belajar mencintai setiap hari. Mencintai dia hari ini, besok dan setiap hari nya sampai kelak Allah mempertemukan kita dengan pasangan kita di surga-Nya (amiin..).

Kita belum pernah menjadi orang tua sebelumnya. Kalaupun ada orang tua yang memiliki lebih dari 1 anak, pasti tidak akan mungkin mereka menghadapi kondisi yang 100 persen persis sama. Oleh karena itu kita harus belajar. Belajar menjadi orang tua bagi anak kita yang masih balita, belajar menjadi orang tua bagi anak yang sudah remaja atau dewasa. Belajar menjadi orang tua untuk si sulung, si bungsu, untuk anak yang perempuan, maupun yang laki – laki.

Dalam setiap fase kehidupan kita, dalam setiap peranan hidup kita, kita harus belajar. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, terpaksa atau sukarela, setiap orang pasti mengalami proses belajar dalam kehidupannya.

Dan yang pasti terjadi dalam sebuah proses pembelajaran adalah.. kegagalan. Tidak ada murid yang selalu mendapat nilai sepuluh dalam ujian yang ia lakukan. Tidak ada mahasiswa yang setiap tahun nya mendapat nilai A untuk semua matakuliah. Tidak ada orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. Tidak ada orang yang rangkaian kehidupannya hanya diisi dengan keberhasilan dan kesuksessan. Semua orang pasti memiliki kesamaan yaitu mereka pernah mengalami kegagalan. Yang berbeda adalah bagaimana menyikapinya.

I’m a student
Sometimes I’m successful, other times I failed.
I never meant to be failed, I try to deal with my failure instead

1 comments:

Anonymous said...

teteh, blog yentri pindah alamat, mampir ya....