Daisypath Anniversary tickers

Monday, April 18, 2005

Blog = Buang Waktu

Blog = buang - buang waktu ???
Ini pertanyaan yang tidak terlalu asing lagi bukan ? Sudah cukup sering dibahas, tapi rasanya tidak ada salahnya kalau saya kembali mengangkat topik ini.

Memang banyak kalangan yang berpendapat bahwa memiliki blog atau menulis di blog ini sekedar hobi yang tidak banyak bermanfaat. Apalagi kalau tulisan - tulisan yang dibuat "hanya sekedar" cerita fiksi yang tidak nyata, atau tak ubahnya dengan catatan harian yang dipublikasikan di dunia maya. Banyak orang juga yang berpendapat bahwa kalaupun blog ini memberi benefit bagi da'wah tapi masih ada sarana atau aktivitas lain yang lebih prioritas bagi da'wah selain dari menulis di blog.

"Kalau suka nulis, yah..nulis nya nulis jurnal atau paper ilmiah lah, atau tulisan - tulisan yang sedikit bermutu, jangan cerpen lagi - cerpen lagi. Kurang intelek."

Kurang lebih seperti itu komentar dari sahabat - sahabat yang kurang pro dengan kebiasaan para bloggers. Di satu sisi, mungkin pendapat itu ada benarnya. Da'wah ini memang aga kekurangan pemain yang secara serius mendalami keilmuan yang dimiliki nya. Kekurangan para spesialis yang sanggup menandingi kiprah ibnu sinna dalam bidangnya masin - masing. Dan da'wah juga kekurangan orang - orang yang berprinsip layaknya ulama besar Hasan Al-Banna yang lebih suka mencetak orang - orang yang akan menjadi perpustakaan berjalan ketimbang mencetak tulisan - tulisan yang hanya akan disimpan di perpustakaan.

Tapi di sisi lain kita juga tidak bisa menafikan manfaat yang diperoleh da'wah lewat tulisan - tulisan yang sarat makna spiritulitas, yang oleh Bayu Gautama disebut dengan "oase jiwa". Kalau pihak yang kontra dengan kebiasaan menulis blog dapat mengutip prinsip Hasan Al-Banna, maka pihak yang pro dapat pula mengutip pendapat Anis Matta yang mengatakan bahwa mengajari anak - anak sastra akan membuat mereka menjadi pemberani.

Jadi, silahakan memegang prinsip yang menurut kita baik tanpa harus menghakimi pendapat yang bertentangan.

0 comments: