Daisypath Anniversary tickers

Sunday, August 14, 2005

Jiwa - Jiwa Yg Berkelana Dalam Duka

Wahai jiwa yang berkelana dalam duka cita, bergeraklah menuju suatu aksi tanpa ragu. Karena dibalik cakrawala, bersemayam jalan keluar untuk semua kesulitan - kesulitan mu.

~ Dikutip dari : La Tahzan ~

Raut muka semua orang yang berada di forum itu mendadak berubah. Baru saja beberapa menit yang lalu, forum itu selesai membahas semua persiapan - persiapan yang sudah dilakukan untuk menyelenggarakan sebuah agenda da'wah di keesokan harinya. Tiba - tiba datang pemberitahuan, semua dibatalkan. Acara yang seharusnya diselenggarakan keesokan harinya, sore itu juga harus dibatalkan. Semua persiapan yang telah dilakukan seperti pengisi acara, pembicara, tempat yang sudah dibooking beberapa hari sebelumnya dan juga undangan yang sudah disebarkan, semua dibatalkan. Tidak cukup sampai di situ, ternyata tidak turunnya perizinan dari pihak birokrasi pun membuat semua perencanaan - perencanaan agenda da'wah untuk 6 bulan ke depan harus dibatalkan.

Untuk beberapa menit, tidak ada satupun orang yang bersuara dalam forum itu. Masing - masing berusaha dengan keras untuk mengontrol emosi, mencerna dan berusaha berpikir jernih setelah mendengar berita yang sangat mengejutkan itu. Berita itu tidak saja membuat semua energi, waktu dan materi yang telah dikorbankan selama ini menjadi sia - sia, tapi juga merupakan sebuah kemunduran besar bagi da'wah di lembaga itu.

Sunatullah da'wah adalah adanya rintangan dan hambatan. Sunatullah da'wah adalah jalan yang tidak mulus dan banyak pihak yang tidak menyukai orang - orang yang berusaha menapaik jalannya. Sunatullah da'wah adalah adanya kesulitan dan kesempitan. Tapi selain itu, sunatullah da'wah adalah turunnya pertolongan Allah bagi orang - orang yang berjuang di sana. Sunatullah da'wah adalah janji Allah bagi orang - orang yang berkorban di jalannya. Dan sunatullah da'wah adalah tegaknya kalimatullah. Karena kemenangan adalah suatu hal yang pasti, semua hanya masalah waktu. Dan yang menjadi pertanyaan adalah akankah kita menjadi bagian dari orang - orang yang menyongsong kemenangan itu ? Ataukah kita akan berhenti di tengah perjalanan, dan menyerah pada kelemahan diri yang dihadapkan pada kekuatan tirani ?

Dan forum sore itu pun ditutup dengan untaian tausiyah yang begitu menyejukan hati. Tausiyah yang mengingatkan setiap kita bahwa ketika kita menghadapi rintangan dalam berda'wah maka seharusnya kita berbangga hati karena itu menunjukan bahwa kita berada di atas jalannya para nabi. Tausiyah yang kembali menumbuhkan optimisme kita bahwa pertolongan Allah itu sangatlah dekat. Pasti ada jalan keluar untuk semua kesulitan yang kita hadapi. Tausiyah yang membuat setiap kita meninggalkan forum dengan wajah yang kembali tersenyum setelah sebelumnya berjanji bahwa kita akan bertemu lagi di forum ini untuk kembali merancang strategi - strategi demi tegaknya panji - panji da'wah.


Dan dalam letih pun mereka tersenyum, karena apa yang ditunaikan hari ini menjadi jaminan bermaknanya usia dan berartinya hidup.

~ Dikutip dari : La Tahzan ~

0 comments: