Daisypath Anniversary tickers

Friday, April 28, 2006

kampus dan masyarakat

Dulu waktu di kampus, saya sering merasa bahwa berda'wah di kalangan temen - temen kuliah jauh lebih mudah dibandingkan berda'wah di kalangan masyarakat umum yang relatif lebih heterogen. Tapi ternyata setelah lulus dari kampus dan bergabung dengan masyarakat luas, ada juga saat - saat dimana saya merasa berda'wah di kalangan masyarakat itu lebih mudah dibandingkan dengan berda'wah waktu di kampus dulu.
Sebenarnya kalau dilihat dari kacamata yang objektif, berda'wah dimanapun tetap ada tantangannya tersendiri. Ada ujiannya sendiri, dan juga ada peluangnnya sendiri. Sunnatullah da'wah memang harus ada ujian dan kesulitan, dimanapun medan da'wah yang digeluti. Tapi janji Allah pun suatu hal yang pasti, bahwa Allah akan memberikan pertolongan-Nya dan bahwa kemenangan Islam itu sebuah keniscayaan yang pasti.
Semua tergantung dari sejauh mana kita menyempurnakan ikhtiar kita dengan melakukan da'wah yang terencana dan tersistematis sesuai sunnah, mengenali medan da'wah kita dengan memetakan peluang dan tantangan, dan, yang penting, menyempurnakan kesabaran kita untuk tetap istiqomah di jalan da'wahNya.
semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang - orang yang istiqomah ...

0 comments: