Daisypath Anniversary tickers

Friday, April 28, 2006

masak (edisi curhat)

Sebenernya saya bukan tipe wanita pada umumnya yang hoby masak. Dan (mohon jangan ditiru) saya juga sebenarnya kurang pandai dalam hal masak memasak. Karena biasanya dirumah selalu ada ibu, nenek, atau kakak perempuan saya yang biasa memasak. Tapi semenjak menikah, saya dihadapkan kepada kewajiban baru yaitu memasak. Subahanllah ... lumayan repot juga. Apalagi setelah menikah langsung ada dua orang anak yang juga harus dibuatkan makanan (maksudnya dua orang adik - adik saya yang ada di rumah :-D).
Awal - awal sih panik, berhubung memang tidak terbiasa memasak. Pagi - pagi sebelum ke kantor harus menyiapkan sarapan, kemudian ke warung untuk belanja, kemudian masak untuk makan siang dan malam, baru berangkat. Alhasil, hampir setiap hari datang telat :-D Belum lagi keterbatasan menu menambah kepanikan dalam kegiatan masak memasak. Ma'lum, perbendaharaan menu yang bisa saya masak masih sedikit, jadi kadang bingung mau masak apa.
Dan terkadang patah hati juga ketika masakan yang sudah dimasak dengan susah payah, bersimbah peluh dan keringat, ternyata hasil nya kurang memuaskan dan tidak ada yang memiliki keberanian untuk memakannya :-(
Walaupun memasak sebenarnya bukanlah kewajiban seorang istri, walaupun memasak kadang melelahkan dan ada perasaan malas untuk memasak, walaupun keterbatasan menu tetap menjadi kendala, walaupun tetap terjadi kegiatan uji coba di dapur saya, tapi alhamdulillah, lama kelamaan, saya mulai menikmati juga kegiatan masak memasak ini.
Dan alhamdulillah juga saya punya suami yang pengertian. Sangat mengerti bahwa dia menikahi seorang perempuan yang tidak terbiasa memasak. Hampir tidak pernah saya mendengar beliau mengeluh soal makanan. Walaupun saya sudah mulai bisa membaca pikirannya. Kalau beliau bilang "enak" berarti memang masakannya enak. Tapi kalau beliau bilang " yaaaah... lumayan", berarti masakannya terlalu asin, terlalu asem, atau bumbunya ga pas :-D

1 comments:

Nugroho said...

BAyi itu berguling...duduk ..merangkak...berdiri...berjalan ...dan berlari ...
so kynya orang untuk bisa masak juga perlu proses dong ....
ga papa belum bisa ngebedain sayur lodeh sama soto juga sayur lodeh juga :))