Daisypath Anniversary tickers

Sunday, December 09, 2007

privacy

Tulisan ini terinspirasi dari acara Aboslute 20-20 yang diputer di Metro TV bbrp minggu yang lalu. Dalam acara tersebut diceritakan bagaimana saat ini orang mudah sekali untuk membuat halaman web pribadi sebagai tempat untuk menulis, berekspresi, atau membagi cerita tentang dirinya sendiri melalui internet.
Fasilitas seperti blogger, wordpress, multiply, friendster, dan lain - lain membuat orang dengan mudah menciptakan halaman web nya sendiri. Bahkan, ulasan dalam acara tersebut menjelaskan bahwa di Amerika (karena acarannya diproduksi sama Amerika jadi wilayah penelitiannya juga di Amerika kali yah...), hampir setiap orang memiliki situs pribadi yang isinya mulai dari kumpulan tulisan - tulisan, lagu, video rekaman pribadi, foto - foto, dan lain - lain.
Salah satu "dampak", bisa dipandang sebagai dampak posisitif atau negatif, yang timbul dari fenomena ini adalah orang tidak lagi merasa sungkan untuk membagi sesuatu yang sebelumnya dianggap pribadi kepada orang lain melalui situs pribadinya.
Salah satu contoh kasus yang diulas dalam acara tersebut adalah seorang wanita yang dia senang sekali menceritakan hal - hal pribadi (baca: curhat) di halaman situs nya. Tidak hanya itu, dia juga mempublikasikan foto - foto dirinya yang untuk sebagian orang mungkin termasuk kategori "porno". Banyak orang yang berkunjung ke web nya dan memprotes tulisan - tulisan serta foto - foto yang dipublikasikannya. Tapi pengunjung memang tidak punya hak apa - apa selain memberi komentar. Anehnya, wanita ini justru pada akhirnya menikahi pria yang menyukainya karena tulisan - tulisan dan foto yang dia publikasikan melalui situs pribadinya.
With this kind of scientific breaktrough, in the year of 2010, no body will even understad the meaning of privacy anymore...
Begitu katanya...

0 comments: