Daisypath Anniversary tickers

Monday, August 25, 2008

menulis untuk yang tidak pernah membaca

Setiap kita pasti merasa senang ketika hasil karya kita, sekecil apapun itu, mendapatkan respon atau penghargaan dari orang lain. Di sini, di web ini, saya bisa menuliskan banyak hal, dari mulai kejadian - kejadian sepele, curhat, atau ide - ide yang terlintas dalam kepala. Dan sebuah kebahagiaan tersendiri ketika tulisan saya mendapat tanggapan, atau setidaknya muncul icon - icon di halaman paling bawah yang menunjukan siapa saja yang sudah membaca tulisan ini.

Lain hal nya dengan yang saya alami di kantor ini. Disini, salah satu yang dituntut dari setiap orang juga adalah tulisan. Setiap staf disini harus menuliskan report rutin kegiatan mingguan. Selain itu, saya juga harus menulis report - report lainnya. Dari mulai report pelaksanaan suatu kegiatan, report bulanan, sampai dengan report akhir periode (tahunan).

Tapi sangat sedikit sekali orang yang benar - benar membaca report - report yang telah ditulis. Semua itu terkadang hanya menjadi tumpukan file yang sifatnya tidak lebih dari sekedar formalitas belaka. Walaupun report itu sudah dilengkapi dengan tabel, grafik, data statistik, dan gambar - gambar penunjang, tapi tetap saja, tidak banyak orang yang tertarik untuk membacanya. Pernah saya berpikir, mungkin sekali - kali kita harus bikin report pake gambar kartun, biar lebih eye catching. Kadang - kadang, sama sekali tidak ada motivasi untuk menyusun report yang berkualitas, karena saya berasumsi, memang tidak ada gunanya, toh pada dasarnya tidak banyak orang yang membaca report ini.

Satu hal yang saya rasakan, betapa sedihnya menulis untuk orang - orang yang tidak pernah membaca. Rasanya tidak ada yang menghargai hasil jerih payah kita.

0 comments: