Daisypath Anniversary tickers

Wednesday, January 26, 2005

Bloggers

Terhitung 2 bulan 2 hari semenjak blog ini dimuat. Ada kurang lebih 24 tulisan yang sudah "diproduksi" di blog ini, artinya kurang lebih dalam satu hari ada satu tulisan yang dimuat. Blog satu - satunya yang saya punya dan memang cara yang cukup efektif buat saya untuk mencurahkan kondisi emosional, lintasan - lintasan pemikiran, atau hikmah - hikmah yang layak untuk dipublikasikan. Dan sarana da'wah juga tentunya.

Tapi fenomena bloggers ini memang cukup menarik. Banyak sisi - sisi seseorang yang dapat kita ketahui dari tulisan - tulisannya. Kita juga bisa membaca kondisi emosional bahkan kondisi spiritual seseorang yang tercermin dalam tulisannya. Dan juga melihat kecenderungan - kecenderungan secara umum. Misalnya kecenderungan bahwa blog seorang perempuan biasanya didominasi oleh "curahan - curahan" hati nya atau hikmah - hikmah kejadian keseharian yang dialaminya. Dan blog para lelaki biasanya berisi muatan - muatan arus pemikiran dan kental dengan idealisme yang dipegangnya.

Apapun itu, yang jelas "kebiasaan baru" ini bukan hanya sekedar hobi atau iseng - iseng berhadiah buat saya dan saya yakin bukan juga buat saudara - saudara sesama muslim yang lain. Karena kita dibina dengan prinsip bahwa apapun yang kita lakukan dalam hidup ini harus ada nilai manfaatnya, tidak hanya bagi diri kita pribadi tapi juga manfaat secara sosial. Begitu juga dengan fenomena bloggers ini, secara pribadi memang banyak penelitian sudah membukti kan bahwa menulis itu secara fisik dan psikologis memang menyehatkan. Tapi tulisan - tulisan di blog ini juga tetap harus punya nilai manfaat secara sosial. Antara lain sarana untuk berda'wah tadi.

Dan salah seorang penulis pernah mengatakan bahwa kata - kata yang baik adalah mata air bagi kehidupan. Apapun yang saya tuliskan disini, semoga juga merupakan upaya untuk berbagi dengan yang lain. Karena kedermawanan tidak hanya diekspresikan dengan berbagi materi tapi juga berbagi kekayaan jiwa yang kita miliki.

Dulu saya merasa kurang nyaman jika banyak orang yang berkunjung ke blog ini dan membaca tulisan - tulisan "pribadi" di dalamnya. Tapi sekarang saya berharap agar orang - orang berdatangan ke blog ini, memetik hikmah yang bisa mereka dapatkan, meluaskan cakrawala pemahaman mereka dengan tulisan - tulisan di sini. Walaupun memang masih terlalu banyak kekurangan, tapi semoga Allah membantu saya untuk menyempurnakan kedermawanan dalam berbagi, dan semoga Allah menjaga saya dari perasaan - perasaan unggul, superior, atau sombong karena merasa telah berbagi.

Wallahua'lam bish shawab

~ Terhitung 63 hari semenjak pembuatan blog ini ~

0 comments: