Daisypath Anniversary tickers

Wednesday, January 12, 2005

Harus Jadi Orang Kaya

Hampir semua hal dalam hidup ini seperti dua sisi yang tergabung dalam sebuah mata uang. Ada sisi baik dan ada sisi buruk. Tergantung kepada bagaimana kita memandangnya.

Harta misalnya. Satu sisi dia memberikan banyak manfaat yang akan membuat kita beruntung tidak hanya di kehidupan ini tapi juga di kehidupan nanti. Tapi di sisi lain, dia dapat menjerumuskan kita ke dalam kubangan yang sangat dalam dan membuat kita terjebak di sana baik di kehidupan ini maupun di kehidupan nanti.

Keberdayaan dari segi materi memang merupakan asset besar bagi seseorang yang bercita - cita menjadi pahlawan di zamannya. Keberdayaan materi lah yang membuat seorang Abu Bakar mampu menginfakan seluruh harta nya demi menegakkan nilai - nilai yang diyakininya. Keberdayaan materi lah yang membuat Islam zaman Rasulullah jaya di atas kemakmuran dan kesejahteraan ummatnya. Dan banyak contoh lain yang menggambarkan bahwa harta ketika kita menempatkannya pada posisi yang seharusnya maka ia akan menjadi asset yang sangat berharga.

Dengan kata lain, kita harus jadi orang kaya .....

Tapi harta dan keberdayaan dari segi materi punya sisi mata uang yang lain. Yang mapu membuat orang bahkan kehilangan akal sehatnya. Menjual nuraninya. Menggadaikan harga dirinya. Dan menukar prinsip serta nilai - nilai yang diyakininya.

Sisi manakah dari harta yang akan jatuh ke tangan kita ? Kita lah yang menentukannya.

hari - hari menjelang "kepergian"

0 comments: