Daisypath Anniversary tickers

Monday, January 31, 2005

Lautan Kesabaran

Setiap orang pasti pernah mengalamai masalah dalam kehidupan yang dijalani nya. Entah itu masalah yang kecil sampai masalah besar yang menguras energi dan kegembiraan hatinya.

Tapi, tidak ada masalah di dunia ini yang tidak ada solusinya, dan tidak ada masalah yang lebih besar dari kemampuan kita untuk mengatasinya. Semua ini hanyalah masalah waktu dan ketidaktahuan kita, karena jawaban atas semua masalah di dunia ini sebenarnya sudah ada. Baik itu tersampaikan melalui orang lain, atau melalui tulisan yang kita baca di buku - buku, ataupun melalui pengalaman - pengalaman yang pernah kita lalui dalam kehidupan kita. Jawaban dari permasalahan itulah yang harus kita temukan melalui proses belajar yang terus menerus sepanjang hidup kita.

Allah tidak akan membebani seseorang melebihi kemampuannya.

Dalam menghadapi masalah pandanglah ke dalam, ke dalam diri kita sendiri. Jadikan masalah yang kita hadapi sebagai saranan untuk introspeksi semua usaha dan ketawakalan kita selama ini.

Pandanglah keluar, bukan hanya kita sendiri yang menghadapi masalah dalam menjalani kehidupan. Setiap orang pun pasti mengalaminya. Karena itu merupakan bagian dari hidup dan proses pendewasaan dan perubahan menuju kondisi yang lebih baik.

Pandanglah ke bawah, banyak sekali orang yang dihadapkan kepada masalah yang jauh lebih berat dari masalah yang kita hadapi. Sebagian dari mereka bersabar melihat bukti dari janji Rabb-nya bagi orang - orang yang bersabar. Sebagian lagi hanya menyerah pasrah pada ketidakmampuan dan ketidakmauan diri sehingga mereka justru terperosok ke jurang yang lebih dalam.

Pandanglah ke depan, bahwa perjalanan hidup kita masih panjang. Masih banyak hal yang harus dilakukan. Dan selalu ada harapan bagi orang - orang yang mau bangkit menyongsong hari esok yang lebih baik.

Pandanglah ke atas, perkuatlah keyakinan kita bahwa ketika kita menyerahkan segala urusan kita pada-Nya, maka kita telah bersandar pada sebuah kekuatan yang maha dahsyat yang mampu menjadikan apapun bahkan sesuatu yang tidak mungkin terjadi sekalipun.

Apa yang sudah Allah tentukan untuk mu niscaya akan mendatangimu walaupun seluruh penduduk bumi ini bersatu padu untuk mencegahnya. Dan apa yang tidak Allah tentukan untukmu tidak akan pernah menimpamu walaupun seluruh penduduk bumi mengusahakannya.

Wallahua'lam...

~ Special for Yentri : rasanya sudah lama sekali kita tidak punya kesempatan untuk berbagi. Bahkan icon smiley di window YM pun ternyata tidak memudahkan kita untuk saling memberi. Ana uhibbuki fillah ukhti. Semoga dilimpahkan kesabaran oleh -Nya ~

1 comments:

Yentri Marchelino said...

Tetehku sayang... Jazakillah khair atas semua perhatiannya. Ukhuwah itu memang indah ya, Teh. Yentri benar2 bersyukur punya banyak saudara. Begitu banyak cinta yang telah mereka persembahkan untuk diri yang lemah ini. Ya Allah, kuatkanlah ikatan hati-hati kami..

fawatsiqillahumma raabithotaha..