Daisypath Anniversary tickers

Monday, March 14, 2005

Belajar dari Rafi' dan Samurah

Rasulullah sedang mempersiapkan pasukannya untuk diberangkatkan ke bukit uhud ketika sekumpulan sahabat kecil datang menghampirinya. Diantara mereka terdapat Usamah bin Zaid, Zaid bin Haritsah, Rafi', Samirah, dan beberapa orang sahabat lainnya. Usia mereka saat itu masih sangat muda, bahkan sebagian besar dari mereka belum genap lima belas tahun. Salah seorang dari mereka maju dan berkata, "Ya Rasulullah, izinkanlah kami untuk ikut berperang dan menjemput syahid bersamamu." Rasulullah menjawab, "Kalian masih terlalu muda, tunggulah sampai usia kalian sudah cukup dewasa untuk pergi berperang." Kemudian salah seorang yang lain berkata, "Tapi Ya Rasulullah, Rafi' sangat pandai memanah. Dan usianya sekarang sudah lima belas tahun." Rasulullah menatap mata anak yang bernama Rafi' itu untuk beberapa saat, kemudian beliau memintannya untuk menunjukan kebolehannya memanah. Dan ternyata memang benar, anak tersebut sangat pandai memanah. Oleh karena itu Rasul pun akhirnya mengizinkan Rafi' untuk bergabung dengan pasukan perangnya.

Tapi ternyata pasukan mujahid kecil ini tidak puas melihat hanya Rafi' yang diperbolehkan untuk berangakat. Salah seorang dari mereka kemudian berkata, "Ya Rasulullah, Samurah dapat mengalahkan Rafi'." Dan Rasulullah pun akhirnya mengizinkan Samurah untuk ikut karena usia nya memang sudah lima belas tahun dan sangat pandai memanah. Yang lainnya benar - benar tidak bisa ikut.

Dan berangkatlah dua mujahid kecil ini menuju medan jihad bersama para sahabat pilihan lainnya. Berangkat menjemput sesuatu yang tidak akan pernah terbayangkan dalam benak kita, menjemput kematian. Syahid di jalan Allah. Padahal usia mereka baru lima belas tahun. Usia yang masih sangat muda. Kita bahkan tidak tahu apa arti mencintai Allah ketika usia kita masih lima belas tahun. Apalagi jika diminta menjual nyawa kita yang akan dibayar Allah dengan surga. Ketika Rafi' dan Samirah mempersiapkan diri untuk pergi ke medan perang, pada usia yang sama kita mungkin sedang jalan - jalan di sebuah mall, melihat - lihat mode pakaian terbaru atau memilih lagu pilihan Top 40.

Kita mungkin sudah 9 atau 10 tahun tertinggal dari Rafi' dan Samirah, bahkan mungkin lebih dari itu jika ukurannya adalah kesiapan untuk terjun ke ladang jihad, tapi … selama Allah masih memberikan kesempatan untuk menarik nafas dan melihat matahari, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Specially for Nur :
Selamat Milad …..
Semoga setiap detik dalam kehidupan mulai hari ini dan selanjutnya dilewatkan dalam naungan kecintaan terhadap Sang Pemberi Kehidupan.

0 comments: