Daisypath Anniversary tickers

Wednesday, March 09, 2005

Indonesian Moslem Bloggers

Sebenarnya mungkin tidak banyak yang tau blog ini, dan mungkin hal itu juga menyebabkan blog ini tidak terlalu banyak pengunjung. Mungkin kalau saya pasang automatic counter utk pengunjung blog ini, angka nya tidak akan lebih dari dua digit :D Tapi anehnya, hal itu justru membuat saya merasa lebih nyaman. Karena merasa bahwa saya bisa "menjadi diri saya sendiri", mengekspresikan sesuatu yang kadang tidak bisa diungkapkan, dan menulisakan semua hal yang kadang sulit untuk dikatakan.

Memang tidak perlu dipertanyakan lagi betapa besar manfaatnya berda'wah lewat tulisan. Dan harus diakui bahwa itu juga yang menjadi salah satu motivasi saya ketika membuat blog ini. Tapi rasanya saya masih harus banyak belajar lagi. Rasanya belum saatnya untuk "go public". Coba saja lihat tulisan - tulisan di blog ini. Saya masih belum bisa mengimplentasikan salah satu pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan. Semua emosi saya ketika saya sedang menulis, tumpah ruah di blog ini. Sisi - sisi pribadi dari diri saya yang mungkin tidak banyak orang yang tau, terbaca dengan sangat jelas di sini.

Jadi, sejujurnya agak sulit untuk mempersilahkan "semua orang" datang dan mengunjungi blog ini. Karena itu sama artinya dengan membuka diri saya untuk semua orang, termasuk orang - orang yang mungkin tidak begitu saya kenal, dan hanya saya kenal lewat dunia maya ini.

Belum lagi jika kita mengacu pada daftar panjang permasalahan hijab. Salah seorang teman saya bercerita bahwa para ikhwan merasa keberatan dengan fenomena akhwat yang mengaktualisasikan diri lewat blog yang mereka buat. Katanya itu membuat para ikhwan "tuing - tuing", karena mereka melihat sebuah fenomena yang membuat mereka menjadi lebih sulit untuk menjaga diri dari fitnah. Mungkin kita, para akhwat pemilik blog, bisa saja mengklaim bahwa mereka tidak bisa menjaga diri. Bahwa keinginan mereka untuk terhindar dari fitnah seharusnya tidak menghambat kreativitas kita berkarya, dalam bentuk apapun termasuk membuat blog.

Tapi..bukan kah sebuah kejahatan itu terjadi karena ada niat dan kesempatan. Begitu juga fitnah, dia terjadi tidak hanya karena ada niat, tapi juga karena didukung oleh kesempatan yang kadang memang terbuka dengan cukup lebar. Dan saya cukup khawatir bahwa saya juga bisa berkontribusi dalam menciptakan kesempatan itu lewat blog saya ini.

Jadi ... mohon ma'af untuk semua teman - teman yang sudah dengan semangat nya mengundang saya untuk bergabung dalam komunitas pemilik blog, karena rasanya untuk kesekian kali nya saya harus berkata tidak. Mungkin tidak untuk saat ini.

0 comments: